Senin, 17 Desember 2012

Desa Lubuk Kempas, Pelangiran

Terletak di utara Kabupaten Indragiri Hilir, tepatnya di kecamatan Pelangiran terdapat sebuah desa yang bernama Lubuk Kempas (Simpang Kateman ). Desa ini dapat di jangkau dengan menggunakan transportasi laut. dengan menggunakan Speed boat memakan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Tembilahan. cukup jauh bukan,,,,,

Desa yang terletak di tepi sungai Simpang Kateman ini, merupakan sebuah desa yang unik. Sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah sebagai petani kelapa, disamping itu juga ada pedagang, nelayan, dll.

Gmbr. Desa Lubuk Kempas
Adapun sosial masyarakat disini adalah sebuah masyarakat yang majemuk. Desa ini terdiri dari masyarakat yang beragam suku. Seperti Banjar, Melayu, Bugis, Jawa, dan Minang. Mereka hidup akur dan rukun dalam bermasyarakatan tanpa adanya pengkotak-kotakan. Kemajemukan suku, adat istiaadat dan kebiasaan tidak menjadikan penghalang untuk membentuk sebuah desa yang makmur. Akulturasi budaya yang sempurna telah terbentuk didesa ini.

Suku banjar adalah sebuah suku mayoritas masyarakat di desa ini. disamping itu juga banyak terdapat suku bugis dan penduduk tempatan yakni suku melayu. Bahasa dengan dialek melayu merupakan bahasa pergaulan dan bahasa pasar di desa yang berpendudukkurang  lebih dari 2000 jiwa ini. Para kaula muda di desa yang majemuk ini lebih gemar berbahasa melayu dalam pergaulan sehari-hari dibanding bahasa daerah mereka.

Hari sabtu merupakan hari pasar di desa ini. Para masyarakat yang berada di pelosok desa dan desa sekitar berbondong-bondong mengunjungi pasar Lubuk Kempas. Ada yang berdagang menjual hasil kebun mereka dan ada juga yang hanya sekedar berbelanja kebutuhan sehari-hari. Karena pada hari pasar (sabtu) banyak pedagang (pembelok) yang datang dari berbagai daerah untuk berdagang disini.

3 komentar: